Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Anggota MGMP Bisnis Daring Pemasaran Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.58266/jpmb.v3i2.107Keywords:
pengabdian masyarakat, artificial intelligence, media pembelajaranAbstract
Perkembangan Artificial Intelligence telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam pendidikan tidak hanya memberikan dampak pada individu, tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan masyarakat secara keseluruhan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian menggunakan metode: 1) ceramah; 2) tanya jawab; 3) praktek, dan 4) pendampingan. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru anggota MGMP Bisnis Daring Pemasaran Kabupaten Malang. Hasil pelaksanaan kegiatan dapat diketahui seluruh peserta sudah memiliki pemahaman terkait perkembangan materi pembelajaran di program studi Bisnis Daring Pemasaran. Seluruh peserta juga sudah memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pemanfaatan Artificial Intelligence dalam mengembangkan media pembelajaran digital.
References
Mulianingsih, Anwar, Shintasiwi, & Rahma. (2020). Artificial Intellegence dengan Pembentukan Nilai dan Karakter di Bidang Pendidikan. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, Vol. 4 No. 2 Tahun 2020
Pebrian & Farhat. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan. Abdi Jurnal Publikasi Vol. 2, No. 2, November 2023 (84-87)
Putri VA, Sotyawardani KCA, & Rafael RA. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya 2023 ISSN 1234-5678
Setiawan & Luthfiyani. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, Vol. 04, No. 01, Januari 2023
Supangat, Saringat, & Koesdijarto. (2021). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021 P-ISSN : 2338-2899 E-ISSN: 2807-1271
Whitton, N., & Langan, M. (2018). Fun and games in higher education: an analysis of UK student perspectives. Teaching in Higher Education, Critical Perspectives Volume 24, 2019-Issue 8
Yahya & Hidayat. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke-62 UNM. E-ISSN : 3025-1591
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rachmad Hidayat, Wening Patmi Rahayu, Mohammad Hari, Jefry Aulia Martha
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.