Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Metode Pembelajaran Menyenangkan pada Program KKN di SDN 3 Karyamekar Garut
DOI:
https://doi.org/10.58266/jpmb.v3i1.94Keywords:
program KKN, Bahasa inggris, Sekolah dasarAbstract
Bahasa inggris merupakan bahasa internasional, pesatnya perkembangan informasi dunia dan globalisasi menjadikan kemampuan bahasa inggris menjadi sangat penting. Pendidikan bahasa asing sejak dini akan sangat membantu perkembangan kemampuan bahasa anak. Di SDN Karyamekar minim dalam pembelajaran bahasa inggris karena keterbatasan pengajar, sehingga pembelajaran bahasa inggris masuk kedalam program KKN. Metode yang dilakukan menggunakan metode pengajaran dengan cara menyenangkan diantaranya metode pembelajaran visual, menggunakan video yang menarik yang disesuaikan dengan usia dan pemahaman siswa. serta permainan interaktif yang memicu minat belajar bahasa inggris pada peserta didik. Berdasarkan hasil evaluasi program, dapat dikatakan bahwa siswa menunjukkan peningkatan dalam memahami bahasa Inggris, dan setelah memperhatikan kondisi pembelajaran, keseluruhan sikap terhadap kegiatan tersebut sangat positif. Ini menunjukkan bahwa tidak hanya pengetahuan mendasar tentang bahasa Inggris yang diperoleh, tetapi juga keterampilan sosial dan komunikasi anak-anak. Oleh karena itu, temuan ini membuktikan bahwa metode bermain dan pendekatan fleksibel efektif dalam pembelajaran bahasa asing. Metode ini dilakukan agar para siswa lebih mendapatkan pengalaman dengan lingkungan yang lebih menyenangkan, tanpa tekanan.
References
Charlotte AH. (n.d.). Charlotte A.H. : Pembelajaran Bahasa Inggris PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI VERSUS BUDAYA LOKAL. http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/
Devries, R. (2000). Vygotsky, Piaget, and education: a reciprocal assimilation of theories and educational practices. In New Ideas in Psychology (Vol. 18).
Fujiono, Reny Rosalina Rahmawati, & Ainur Rofiq Hafsi. (2022). Penerapan Media Gambar sebagai Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), 786–793. https://doi.org/10.30653/002.202273.64
Gee, J. P. (2003). What video games have to teach us about learning and literacy. Computers in Entertainment, 1(1), 20–20. https://doi.org/10.1145/950566.950595
Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199
Nisa Febianti Universitas Swadaya Gunung Jati, Y. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF. In Jurnal Edunomic (Vol. 6, Issue 2).
Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139
STIT PTI Al-Hilal Sigli JlLingkar Keuniree, D., & Provinsi Aceh, S. (n.d.). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN (Vol. 19, Issue 2). http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia
Widya, S., Wafirotul Khusna, S., Purwasih, W., Sarah, S., Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F., & Saifuddin Zuhri Purwokerto, U. K. (n.d.). PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Vol. 38, Issue 1). JUNI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nahda Saqila, Andhini Fasya Sabila, Annisa Shyfa Safana, Saepul Muhyi Amirullah, Nelis Hernahadini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.